STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN PISANG KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL DIY

Ibrizhun, Alfan (2020) STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN PISANG KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL DIY. Masters thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang, Kampus Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

INTISARI Kajian ini bertujuan ini mengetahui Kompenen Faktor Internal/ IFAS dan mengetahui Kompenen Faktor Eksternal/EFAS melalui analisis SWOT dalam pemasaran produk olahan pisang KWT Desa Sidomulyo. Kajian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 sampai bulan Juni 2020 di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipro, Kabupaten Bantul. Penentuan Desa dan Kelompok Wanita Tani dilakukan secara Purposive, sedangkan responden ditentukan berdasarkan Proportional Random Sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan panduan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan analisis mix method melalui analisis SWOT. Hasil kajian menunjukan bahwa Komponen Faktor Strategi Internal/ IFAS (Strenghts dan Weaknesses)berada pada kategori rata-rata dengan perolehan total 2,59. Sedangkan hasil kajian dari Kompenen Faktor Strategi Eksternal/EFAS (Opportunities and Threats)berada pada kategori sedang dengan perolehan total skor 2,67. Proses identifikasi Faktor IFAS dan EFAS menghasilkan matriks IE di Kuadran V (Growth Stability, kemudian didapatkan 8 alternatif strategi.Tahapan terakhir adalah penentuan prioritas strategi menggunakan alat QSPM didapatkan alternatif strategi no 5 yakni pangsa pasar dengan meningkatkan kegiatan promosi, monitoring aktivitas manajerial KWT, efisiensi distribusi, dan jejaring mitra usaha menggunakan teknologi informasi. Kata Kunci : IFAS EFAS, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks QSPM

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Kesimpulan Berdasarkan hasil kajian strategi pemasaran produk olahan pisang KWT Desa Sidomulyo Kecamatan Bambanglipuro, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Faktor Internal yang menjadi Kekuatan utama KWT Desa Sidomulyo adalah penjaminan mutu produk yang baik dengan skor tertimbang 0,42 dan Kelemahan yang paling berpengaruh bagi KWT Desa Sidomulyo adalah kegiatan promosi yang masih rendah dengan skor tertimbang 0,006. 2. Faktor Eksternal yang menjadi Peluang utama bagi KWT Desa Sidomulyo ketersediaan bahan baku yang melimpah dengan skor tertimbang 0,67 dan Ancaman yang utama yang paling berpengaruh bagi KWT Desa Sidomulyo adalah adanya produk substitusi dengan skor tertimbang 0,31. 3. Prioritas rekomendasi strategi yang dilakukan KWT Desa Sidomulyo dalam pemasaran produk olahan pisang adalah perluasan pangsa pasar untuk meningkatkan kegiatan promosi, monitoring aktivitas manajerial KWT, efisiensi distribusi dan jejaring mitra usaha dengan menggunakan teknologi informasi.
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan
Depositing User: Ririn Indriyati
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:51
Last Modified: 21 Dec 2021 07:23
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item View Item