KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK OLAHAN LIDAH BUAYA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) BERBASIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI DESA CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Bungai, AnthonyJonathan (2020) KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK OLAHAN LIDAH BUAYA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) BERBASIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI DESA CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN. Masters thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang, Kampus Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

INTISARI : Desa Condongcatur merupakan wilayah perkotaan yang masih mempertahankan keaktifan kegiatan di sektor pertanian berbasis lahan pekarangan melalui kelompok wanita tani. Sekitar 62,49% dari total luas Desa Condongcatur adalah lahan pekarangan. Kelompok Wanita Tani bernama “Pucung Asri” merupakan kelompok yang mempunyai produk unggulan berupa minuman lidah buaya dalam kemasan. Namun terdapat masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk tersebut yaitu produk belum dapat menarik minat beli sasaran konsumennya dan produk belum memiliki izin edar untuk dapat dipasarkan secara luas. Tujuan kajian ini adalah untuk melahirkan sebuah strategi komunikasi pemasaran produk yang didapatkan melalui pemahaman situasi internal dan eksternal. Pelaksanaan kajian ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan Juni 2020 di Desa Condongcatur. Kajian dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Lokasi pengambilan sampel dan pengambilan sampel dipilih secara purposive. Berdasarkan hasil kajian menunjukan bahwa kekuatan utama dari kajian ini adalah Kelompok Wanita Tani memiliki semangat untuk mempelajari materi terkait perancangan desain label kemasan pada produk pangan, hal ini didasari oleh kelemahan utamanya yaitu karena Kelompok Wanita Tani belum pernah mendapatkan pelatihan tentang pengemasan pada produk pangan. Sedangkan untuk peluang utamanya yaitu strategisnya lokasi kelompok untuk menjangkau kalangan muda mahasiswa sebagai sasaran konsumennya. Akan tetapi kelompok wanita tani masih belum memenuhi izin edar untuk produk minuman lidah buaya dalam kemasan. Analisis SWOT menunjukkan strategi prioritas yang didapatkan berdasarkan rank, meliputi memodifikasi kemasan label produk minuman lidah buaya dengan format yang direkomendasikan untuk memenuhi syarat izin edar pangan cair dan mengembangkan desain labelnya agar dapat lebih menarik sasaran konsumennya secara visual. Kata kunci : komunikasi pemasaran, analisis SWOT, produk olahan lidah buaya, desain komunikasi visual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan
Depositing User: Ririn Indriyati
Date Deposited: 08 Mar 2021 02:41
Last Modified: 22 Dec 2021 01:56
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item View Item