Analisis preferensi konsumen terhadap produk wedang rempah Instan (Studi Kasus PT X Di Yogyakarta)

YULINDRA, Tasya Saharani (2022) Analisis preferensi konsumen terhadap produk wedang rempah Instan (Studi Kasus PT X Di Yogyakarta). Other thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urutan atribut wedang rempah instan berdasarkan tingkat kepentingan konsumen dan menganalisis kombinasi level atribut wedang rempah instan yang sesuai preferensi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan pada bulan Januari samapi dengan bulan Juni 2022. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive, sedangkan pengambilan sampel responden menggunakan convience sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder sebagai pendukung. Data yang terkumpul melalui kuesioner responden kemudian dianalisis menggunakan analisis konjoin dengan SPSS. Pada penelitian ini digunakan empat atribut yaitu kemasan, rasa, warna, dan harga. Hasil analisis data menunjukkan bahwa urutan atribut berdasarkan tingkat kepentingan (importance values) menurut preferensi konsumen terhadap produk wedang rempah instan adalah atribut harga (35,54%), atribut rasa (30,03%), atribut warna (18,39%), dan atribut kemasan (16,04%). Sedangkan hasil kombinasi level atribut yang paling disukai oleh konsumen adalah kemasan kaleng, rasa sangat pekat, warna terang, dan harga < Rp. 75.000. Kata Kunci: Atribut, Analisis Konjoin, Preferensi Konsumen, Wedang Rempah Instan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Agribisnis Hortikultura
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:45
Last Modified: 02 Sep 2022 02:45
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item