PT X dengan Pendekatan Bisnis Model Kanvas

Rizqullah, Aziz (2023) PT X dengan Pendekatan Bisnis Model Kanvas. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

[img] Text
7. Intisari.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alternatif strategi optimalisasi Kantor Distribusi PT X yang kinerja penjualanya belum optimal. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari-Juli 2023, menggunakan metode deskriptif-kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara sampel jenuh sebanyak 16 sampel pimpinan kantor distribusi dan secara purposive sampling sebanyak 5 responden internal manajemen pusat. Jenis data menggunakan data primer berdasarkan kuesioner, wawancara dan FGD, sedangkan data sekunder melalui literatur referensi.Teknik analisis data yang digunakan menggunakan sembilan elemen BMK, analisis SWOT dan analisis empat langkah blue ocean strategy. Hasil penelitian didapatkan gambaran BMK saat ini, dilakukan analisis faktor internal dan eksternal yang didapatkan 11 faktor Strengths (S), 11 faktor Weaknesses (W), 10 faktor Opportunities (O) dan 7 faktor Threats (T). Kemudian dari perhitungan IFE didapatkan skor 2,00 dan dari perhitungan EFE didapatkan 1,6. Strategi yang menjadi prioritas adalah strategi agresif pada kuadran I. Selanjutnya, dilakukan penentuan strategi dengan menggunakan BMK dan blue ocean strategy, didapatkan pada Segmentasi Pelanggan (SP) diciptakan pelanggan online (umur 19-35), Proposisi Nilai (PN) dilakukan peningkatan pelayanan terhadap pelanggan, Saluran (Slr) meningkatkan hubungan langsung dan online, Hubungan Pelanggan (HP) menciptakan penawaran program loyalitas dan kehadiran online, Aktivitas Kunci(AK) perlu menciptakan evaluasi jumlah pegawai dan penguatan branding didaerah, Sumber Daya Utama (SDU) menciptakan CSO dan CSD online terampil pemasaran, Kemitraan Utama (KU) menciptakan kemitraan dengan komunitas pengobatan alami, dan lembaga pencetak tenaga kerja, dan meningkat kemitraan yang ada,Struktur Biaya (SB) peningkatan pada biaya pemasaran. Kata kunci: Analisis SWOT, Bisnis Model Kanvas (BMK), Blue Ocean Strategy, dan Kantor Distribusi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Agribisnis Hortikultura
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:37
Last Modified: 25 Aug 2023 07:37
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item