Analisis Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Dried Lemon Seduh di PT Semesta Agro Indonesia

Egipesiana, Riar (2023) Analisis Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Dried Lemon Seduh di PT Semesta Agro Indonesia. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

[img] Text
8. Intisari (1).pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaan konsumen terhadap dried lemon seduh dan adanya perbedaan yang signifikan berdasarkan warna, aroma, rasa, dan overall dari ketiga formulasi dried lemon seduh. Penentuan kesukaan konsumen menggunakan uji hedonik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan Januari hingga bulan Juni 2023 berlokasi di PT Semesta Agro Indonesia. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan kuesioner. Uji hedonik dilakukan terhadap 3 formulasi perlakuan dengan indikator yang diamati warna, aroma, rasa, dan overall. Analisis data menggunakan ANOVA (Analysis Of Variance) dan uji lanjut Tukey HSD pada SPSS 26.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa F1, F2, dan F3 secara berurutan memperoleh nilai persentase 56,50%, 56,58%, dan 56,38% dengan kategori cukup disukai konsumen. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tingkat kesukaan konsumen pada dried lemon seduh berada pada kategori cukup suka dengan formulasi 2 slice + 300 ml air. Terdapat perbedaan yang signifikan pada indikator aroma dan indikator overall dried lemon seduh yang berbeda nyata diantara ketiga formulasi. Kata Kunci: Dried Lemon Seduh, Kesukaan Konsumen, Uji Hedonik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Agribisnis Hortikultura
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 25 Aug 2023 08:42
Last Modified: 25 Aug 2023 08:42
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item