Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Benih Cabai Rawit di Kabupaten Magelang (Studi Kasus Varietas Bangjo Pada PT Raja Pilar Agrotama)

Anwar, Syach Ryananda (2023) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Benih Cabai Rawit di Kabupaten Magelang (Studi Kasus Varietas Bangjo Pada PT Raja Pilar Agrotama). Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

[img] Text
8. Intisari.pdf

Download (267kB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk merumuskan strategi dan menyusun urutan prioritas strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan benih cabai rawit Bangjo di PT Raja Pilar Agrotama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriprif yang dilaksanakan pada bulan Juni hingga Juli 2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sensus pada responden utama yaitu tim pemasaran PT Raja Pilar Agrotama dan purposive sampling pada responden pendukung yaitu pemilik toko pertanian di wilayah Kabupaten Magelang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisa IFAS EFAS menunjukkan bahwa PT Raja Pilar Agrotama berada pada kuadran 1, dimana kuadran tersebut berarti bahwa perusahaan memiliki kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk meraih peluang yang ada. Analisa SWOT menghasilkan dua belas alternatif strategi pemasaran, selanjutnya pada analisa QSPM menghasilkan tiga rumusan strategi terbaik yaitu melakukan sosialisasi kepada para petani pentingnya penggunaan benih bersertifikat, memberikan reward kepada mitra maupun konsumen yang telah loyal ke perusahaan, dan memaksimalkan pendampingan agar memuaskan para konsumen. Kata Kunci : Benih cabai rawit Bangjo, Strategi pemasaran, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Teknologi Benih
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2023 08:30
Last Modified: 05 Oct 2023 08:30
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item