Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kompetensi Pengambilan Keputusan Petani Dalam Pemasaran Ubi Jalar (Ipomoea batatas L) Di Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Fitriani, Adella (2023) Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kompetensi Pengambilan Keputusan Petani Dalam Pemasaran Ubi Jalar (Ipomoea batatas L) Di Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

[img] Text
Adella.pdf

Download (9kB)

Abstract

Kompetensi pengambilan keputusan petani terhadap akses pasar diperlukan untuk meningkatkan kapasitas petani sebagai upaya peningkatan kesejahteraan petani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mengetahui faktor internal petani ubi jalar di Kalurahan Gadingsari; 2) Untuk mengetahui faktor eksternal petani ubi jalar di Kalurahan Gadingsari; 3) Untuk mengetahui kompetensi pengambilan keputusan petani dalam memilih pasar; 4) Untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap kompetensi pengambilan keputusan petani dalam memilih pasar pada petani ubi jalar. Penelitian ini dilaksanakan di Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang petani ubi jalar yang diambil dengan Purposive sampling. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal petani ubi jalaryang meliputi pendidikan nonformal masuk dalam kategori jarang dengan rata rata1 kali pelatihan atau penyuluhan. Faktor pengalaman berusaha tani masuk dalam kategori lama yaitu dengan rata-rata pengalaman berusaha tani selama 20 tahun. Adapun faktor luas lahan masuk dalam kategori sempit yaitu dengan rata rata luas lahan 2.154 m2 . Faktor eksternal petani ubi jalar yang meliputi akses petani terhadap informasi dan pasar tergolong dalam kategori sedang dengan persentase capaian sebesar 71,56%. Kompetensi keputusan petani dalam pemasaran ubi jalar tergolong sedang dengan capaian nilai yang diperoleh adalah 1.925 (53,47%). Terdapat pengaruh signifikan positif faktor internal yaitu luas lahan dan pengaruh signifikan positif akses petani terhadap informasi dan pasar yang berpengaruh terhadap kompetensi pengambilan keputusan petani. Kata kunci: kompetensi pengambilan keputusan, pasar, pengaruh, petani ubi jalar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 00:57
Last Modified: 13 Oct 2023 00:57
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item