STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAHE INSTAN MELALUI DIGITAL MARKETING MIX ( Studi Kasus di Gabungan Kelompok Wanita Tani Lestari Desa Temuwuh Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul )

Nofita, Linda (2020) STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAHE INSTAN MELALUI DIGITAL MARKETING MIX ( Studi Kasus di Gabungan Kelompok Wanita Tani Lestari Desa Temuwuh Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul ). Masters thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang, Kampus Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

INTISARI : Kajian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk jahe instan melalui digital marketing mix. Penelitian dilaksanakan pada GKWT Lestari Desa Temuwuh Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul DIY pada bulan Februari 2020–Juni 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method concurrent triangulation strategy dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, kuesioner serta analisis data menggunakan analisis deskriptif SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity and Treath). Penentuan responden dilakukan dengan sampel jenuh. Analisis strategi pemasaran produk jahe instan melalui digital marketing mix diperoleh faktor-faktor internal dan eksternal yang kemudian dibobotkan menggunakan metode paired comparison scale. Menurut analisa matriks IE, posisi GKWT Lestari dalam melakukan pemasaran jahe instan berada pada posisi sel 1 yang berarti pada tahap pertumbuhan, salah satu strategi yang tepat adalah pengembangan produk baru. Dari hasil analisis matrik SWOT didapatkan sepuluh alternatif strategi. Hasil strategi yang diprioritaskan dalam pelaksanaanya adalah mengembangkan produk dengan menggunakan bahan alami untuk menghindari stigma negatif generasi muda dan persaingan kompetitor jahe instan, yang nantinya produk dikemas menggunakan kemasan yang menarik serta menggunakan internet dalam pemasaran untuk memperluas pangsa pasar. Pengembangan produk dilakukan dengan menciptakan inovasi produk jahe yaitu teh jahe ungu. Penyuluhan tentang pembuatan teh jahe ungu menggunakan metode ceramah dan praktik meningkatkan perilaku petani sebesar 25,83%. Implikasi dari hasil kajian ini adalah Gabungan KWT Lestari harus melakukan promosi dan penjualan melalui internet serta melakukan pengembangan produk untuk menghindari stigma negatif generasi muda dan kompetitor jahe instan. Kata Kunci : Analisis SWOT, digital marketing mix, Strategi pemasaran jahe instan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan
Depositing User: Ririn Indriyati
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:18
Last Modified: 21 Dec 2021 07:22
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item