Pengaruh Biaya Bauran Promosi terhadap Nilai Penjualan Produk Manisan Salak di UMKM Sarisa Merapi

Yanti, Anisah Yudi (2024) Pengaruh Biaya Bauran Promosi terhadap Nilai Penjualan Produk Manisan Salak di UMKM Sarisa Merapi. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya bauran promosi terhadap nilai penjualan produk manisan salak di UMKM Sarisa Merapi. Berdasarkan data yang diperoleh dari UMKM Sarisa Merapi jumlah penjualan produk manisan salak mengalami fluktuatif, yaitu pada periode bulan Februari 2023 sampai Januari 2024. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan jumlah biaya promosi untuk setiap bulannya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif yang dilaksanakan dari November 2023 – Mei 2024 berlokasi di UMKM Sarisa Merapi. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder, dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi berganda diperoleh nilai (R2) sebesar 0,916. Hal ini menunjukkan bahwa biaya periklanan, biaya promosi penjualan, biaya hubungan masyarakat, dan biaya pemasaran langsung sebesar 91,6% berpengaruh terhadap nilai penjualan produk manisan salak dan 8,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Pada uji F didapatkan Fhitung sebesar 19,011 dan Ftabel 4,12 (Fhitung > Ftabel). Hal ini menunjukkan bahwa variabel biaya periklanan, biaya promosi penjualan, biaya hubungan masyarakat, dan biaya pemasaran langsung secara bersama – sama (simultan) berpengaruh terhadap nilai penjualan. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial biaya promosi penjualan dan biaya pemasaran langsung berpengaruh terhadap nilai penjualan produk manisan salak di UMKM Sarisa Merapi, sedangkan biaya periklanan dan biaya hubungan masyarakat tidak memiliki pengaruh terhadap nilai penjualan produk manisan salak di UMKM Sarisa Merapi. Kata Kunci : Biaya Periklanan, Biaya Promosi Penjualan, Biaya Hubungan Masyarakat, Biaya Pemasaran Langsung, Nilai Penjualan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Agribisnis Hortikultura
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:55
Last Modified: 10 Sep 2024 07:55
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item