Strategi Pemasaran Jamu Imunitas Tubuh “Met-Fit” (Studi Kasus di PT Naturindo Surya Niaga)

Pertiwi, Amalia Cahyani (2024) Strategi Pemasaran Jamu Imunitas Tubuh “Met-Fit” (Studi Kasus di PT Naturindo Surya Niaga). Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya konsumen jamu di pulau Jawa mencapai 60% pada tahun 2007 dan pola hidup sehat “back to nature” kembali tren di masyarakat global karena mengkonsumsi obat yang berasal dari alam relatif lebih aman. PT Naturindo Fresh sebagai produsen jamu menyempurnakan produk jamu Met-Fit yang berkhasiat untuk imunitas tubuh dari aspek formulasi, kemasan, dan harga. Produk jamu Met-Fit dirilis pada tahun 2023 dan realitas penjualan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Peneliti perlu mengkaji kembali strategi pemasaran yang tepat untuk pemasaran jamu Met-Fit oleh PT Naturindo Surya Niaga sebagai perusahaan distribusi jamu Met-Fit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang memengaruhi pemasaran jamu Met-Fit serta strategi prioritas yang diimplementasikan dalam pemasaran jamu Met-Fit oleh PT Naturindo Surya Niaga. Penelitian ini menggunakan metode mix method yaitu mengkombinasikan antara metode penelitian kualitatif dan metode kuantitatif yang dilaksanakan dari bulan Desember 2023 sampai Juni 2024. Lokasi penelitian menggunakan teknik purposive sampling di PT Naturindo Surya Niaga. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, FGD, dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan software Microsoft Excel 2021. Hasil penelitian menunjukkan identifikasi faktor internal memiliki 10 kekuatan dan 6 kelemahan dengan total skor IFE sebesar 3,9. Identifikasi faktor eksternal memiliki 4 peluang dan 1 ancaman dengan total skor EFE sebesar 4,2. Berdasarkan matriks SWOT, posisi pemasaran jamu Met-Fit oleh PT Naturindo Surya Niaga terletak pada titik (2,4 ; 3,3) yang berada di kuadran I dengan alternatif strategi SO. Hasil perhitungan QSPM, strategi prioritas yang diimplementasikan untuk pemasaran jamu Met-Fit oleh PT Naturindo Surya Niaga adalah mengoptimalkan pemasaran digital (digital marketing) jamu Met-Fit secara konsisten diberbagai media online dengan edukasi dan konten yang menarik dengan perolehan nilai TAS ebesar 8,0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Agribisnis Hortikultura
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:19
Last Modified: 11 Sep 2024 01:19
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item