Strategi Pemasaran Benih Hortikultura Produk PT Tunas Agro Persada

Oktafiyana, Reni (2024) Strategi Pemasaran Benih Hortikultura Produk PT Tunas Agro Persada. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi dan menyusun urutan prioritas strategi pemasaran benih hortikultura yang tepat bagi produk PT Tunas Agro Persada. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di PT Tunas Agro Persada pada bulan Januari hingga Mei 2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sensus pada responden utama yaitu tim marketing PT Tunas Agro Persada dan teknik purposive sampling pada responden pendukung yaitu petani yang menggunakan benih cap “Tunas Agro” dan kios pertanian yang menjual benih cap “Tunas Agro”. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan observasi. Analisis IFE-EFE menunjukkan bahwa PT Tunas Agro Persada berada pada kuadran 1, yaitu strategi agresif. Analisis SWOT menghasilkan sebelas rumusan alternatif strategi, selanjutnya pada analisis QSPM menghasilkan tiga rumusan strategi terbaik yaitu mengembangkan strategi bersaing dengan memanfaatkan keahlian dalam pemasaran online, manajemen risiko dan perencanaan yang matang, dan meningkatkan kerja sama atau kemitraan dalam pemasaran seperti distributor dan petani lokal. Kata Kunci : Benih Hortikultura, Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Teknologi Benih
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:24
Last Modified: 11 Sep 2024 04:24
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item