Strategi Peningkatan Pelayanan Pasar Lelang Koperasi Perkumpulan Petani Hortikultura Puncak Merapi (PPHPM) Pada Petani Di Kabupaten Sleman

Darmawan, Figo Arief (2025) Strategi Peningkatan Pelayanan Pasar Lelang Koperasi Perkumpulan Petani Hortikultura Puncak Merapi (PPHPM) Pada Petani Di Kabupaten Sleman. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

[img] Text
Laporan TA Figo Arief Darmawan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan, alternatif strategi peningkatan pelayanan, serta desain pemberdayaan pada Pasar Lelang Koperasi PPHPM di Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilakukan dari bulan November 2024 hingga April 2025 di Koperasi Perkumpulan Petani Hortikultura Puncak Merapi (PPHPM) di Kalurahan Purwobinangun Kapanewon Pakem Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data primer dan sekunder melalui wawancara, observasi, dan FGD. Informan pada penelitian ini berjumlah 17 orang termasuk pengurus koperasi, pengurus titik kumpul, petani, dinas pertanian, serta tengkulak. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan di PPHPM masih memerlukan perbaikan terutama dalam dimensi keandalan dan daya tanggap. Sebaliknya, dimensi jaminan, empati, dan bukti fisik sudah diterapkan dengan baik. Proses komunikasi, penggunaan TI, dan kualitas sumber daya di PPHPM masih perlu untuk ditingkatkan, sedangkan penyelenggaraan bimtek petani, pemberian bantuan, dan pendampingan telah berjalan efektif dan direkomendasikan untuk dipertahankan serta ditingkatkan keberlanjutannya. Analisis SWOT digunakan sebagai dasar perumusan strategi. Pelayanan PPHPM terletak di kuadran III dengan strategi turn around, yaitu meminimalkan kelemahan untuk memaksimalkan peluang yang ada. QSPM digunakan untuk memperoleh prioritas dari 5 alternatif strategi berdasarkan nilai TAS tertinggi. Prioritas strategi dengan peringkat tertinggi adalah “Peningkatan kualitas dan keterampilan SDM pengurus PPHPM dalam pelayanan dan penggunaan teknologi informasi”. Desain pemberdayaan yang dirancang meliputi aspek teknis, ekonomi, dan sosial. Pemberdayaan berupa pendampingan pemanfaatan teknologi informasi dengan tujuan peningkatan pelayanan di PPHPM. Kata kunci: Pelayanan, Pasar Lelang, Strategi, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:41
Last Modified: 09 Sep 2025 03:41
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item