Suudi, Luthfiana Fadiyatul Islam (2025) Karakteristik 4P (Product, Price, Place dan Promotion) pada Usaha Produk Olahan Hasil Pertanian Kelompok Wanita Tani di Kapanewon Sleman. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.
![]() |
Text
Luthfiana.pdf Download (753kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik bauran pemasaran (4P) meliputi produk, harga, tempat , dan promosi, pada usaha produk olahan hasil pertanian yang dijalankan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kapanewon Sleman. Metode yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa produk olahan yang dihasilkan oleh KWT memiliki potensi yang cukup besar sebagai nilai tambah dari hasil pertanian lokal. Namun, Produk tersebut masij memerlukan peningkatan dari segi kualitas bahan baku, inovasi dalam desain kemasan, serta diversifikasi produk agar mampu memenuhi preferensi konsumen yang beragam dan semakin kompetitif di pasar. Aspek harga produk ditetapkan dengan mengacu pada biaya produksi dan daya beli masyarakat setempat, sehingga strategi harga yang digunakan belum optimal untuk memaksimalkan keuntungan dan menjangkau segmen pasar yang lebih luas. Distribusi atau tempat pemasaran produk KWT masih terbatas dalam lingkup pasar loal dan salauran distribusi yang belum terkelola secara efisien, sehingga masih ada peluang untuk pengembangan jaringan pemasaran yang lebih luas dan efektif. Dari keempat elemen pemasaran, aspek promosi menjadi tantangan utama, karena metode promosi yang sering digunakan masih bersifat tradisional dan belum maksimal dalam pemanfaatan teknologi digital. Oleh karena itu, rekomendasi strategis yang muncul adalah perlunya desain program pemberdayaan berupa pelatihan dan pendampingan digital marketing. Profram tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan anggota KWT dalam membuat konten digital menarik, mengelola media sosial secara efektif, serta memanfaatka marketplace dan sarana pemasaran digital lainnya. Dengan demikian, diharapkan jangakauan pasar dapat diperluas, daya saing produk meningkat, dan keberlanjutan usaha KWT dapat terwujud secara berkelanjutan. Kata Kunci: Kelompok Wanita Tani(KWT), UMKM, Produk Olahan hasil Pertanian, Bauran Pemasaran, Digital Marketing
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Jurusan Pertanian > Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 02:28 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 02:28 |
URI: | http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/1096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |