Sari, Sindi Ayu Permata (2024) Pengaruh Layanan Pasar Lelang Cabai Digital terhadap Kepuasan Petani di Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.
Text
LAPORAN SINDI FIX BISMILLAH -1-15.pdf Download (542kB) |
Abstract
Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan pasar lelang cabai digital, mengetahui tingkat kepuasan petani cabai, menganalisis pengaruh layanan pasar lelang cabai digital terhadap kepuasan petani, dan merancang desain pemberdayaan. Kajian ini dilaksanakan pada bulan Februari – Juni 2024 di Kelompok Tani Tani Rejo, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kajian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 32 responden. Kualitas layanan pasar lelang cabai digital (X) meliputi: tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy dari seluruh variabel memperoleh kategori tinggi dengan nilai skor total tertinggi adalah variabel empathy dan terendah adalah variabel responsiveness. Kepuasan petani (Y) meliputi: kesesuaian harapan, minat menggunakan pasar lelang kembali, dan bersedia merekomendasikan memperoleh kategori tinggi. Pengaruh kualitas pelayanan pasar lelang cabai digital terhadap kepuasan petani secara parsial Uji T menggunakan taraf signifikansi 5%. Uji F pada penelitian ini didapat nilai signifikansi sebesar <0,001 yang artinya variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen atau kepuasan petani. Berdasarkan hasil analisis didapatkan skor total terendah pada variabel dependen (X) yaitu responsiveness dengan indikator ketanggapan pasar lelang dalam permasalahan harga cabai yang fluktuatif. Harga yang fluktuatif tidak dapat dikenadalikan oleh petani maupun petugas pasar lelang cabai berbasis digital. Aplikasi digital “dipanen.id” tidak dapat digunakan untuk mengatur harga cabai sehingga tidak ada campur tangan dari petugas lelang. Sehingga dengan adanya penyuluhan dan pemberdayaan yang mengacu pada peningkatan ekonomi petani saat harga cabai rendah dilakukan dengan strategi pemasaran produk olahan cabai. Kata kunci : Cabai, Kepuasan Petani, Kualitas Pelayanan, Pasar Lelang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Jurusan Pertanian > Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 08:34 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 08:34 |
URI: | http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/925 |
Actions (login required)
View Item |