Rancangan Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Penjualan Benih Padi di PB. Usaha Tani Group

Sianturi, Remon Matius Richardo (2024) Rancangan Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Penjualan Benih Padi di PB. Usaha Tani Group. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

[img] Text
Remon Matius Richardo Sianturi-1-15.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tanaman pangan memegang peranan penting dalam bidang pertanian karena pangan pada hakikatnya merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. PB. Usaha Tani telah menjadi salah satu pemain utama dalam penyediaan sarana dan prasarana pertanian. Sejak berdiri pada April 1985, Awalnya fokus pada penyediaan obat-obatan pertanian, pupuk, serta alat dan perlengkapan pertanian, perusahaan ini kemudian meluaskan cakupannya ke penyediaan benih tanaman pangan terutama benih padi, mulai tahun 1990. PB. Usaha Tani Group mendapat kepercayaan dari Dinas Pertanian sebagai Penyalur atau Pedagang Benih Bina. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melengkapi strategi pemasaran benih padi berdasarkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman di PB. Usaha Tani Group dan untuk mengetahui prioritas strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan benih padi yang dapat di terapkan oleh PB. Usaha Tani Group dengan menggunakan Analisis SWOT, Matriks IFAS, EFAS, dan QSPM. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil Analisis QSPM, prioritas strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan benih padi di PB. Usaha Tani Group yaitu menjaga kepercayaan dengan petani penangkar untuk ikatan kerja sama yang lebih baik. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Prioritas Strategi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Teknologi Benih
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:38
Last Modified: 30 Sep 2024 03:38
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item