MARETANIA, Ria Tamara (2022) Pengaruh Peran Kelompok Tani Terhadap Penerapan Teknologi Irigasi Tetes (Drip Irrigation) untuk Komoditas Cabai Di Kalurahan Wonokerto Kapanewon Turi Kabupaten Sleman. Other thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kajian bertujuan untuk mengetahui tingkat masing-masing variabel kelas belajar, unit produksi, dan penerapan teknologi dan untuk mengetahui pengaruh peran kelompok tani terhadap penerapan teknologi irigasi tetes untuk komoditas cabai di Kalurahan Wonokerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dan hubungan kausal. Kajian dilakukan pada bulan Januari sampai bulan Juni 2022. Pemilihan lokasi dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Penetapan jumlah sampel dilaksanakan menggunakan analisis multivariate, sehingga diperoleh 40 sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Pengambilan data kajian dilakukan menggunakan kuisioner dengan skala rating scale. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kelompok tani sebagai kelas belajar dan wahana kerjasama rendah, sedangkan unit produksi sedang. Secara simultan peran kelompok tani yang diteliti yaitu kelas belajar. Wahana kerjasama, dan unit produksi berpengaruh signifikan terhadap penerapan teknologi irigasi tetes. Secara parsial peran kelompok tani juga berpengaruh terhadap penerapan teknologi irigasi tetes. Kata KUnci: Penerapan;Pengaruh ; Peran Kelompoktani; Teknologi Irigasi Tetes
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Jurusan Pertanian > Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:50 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 04:50 |
URI: | http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/383 |
Actions (login required)
View Item |