Strategi Pengembangan Pemasaran Online Produk Olahan Lidah Buaya pada Kelompok Tani Pelangi 43 di Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta

RADEDE, Agus Iman (2022) Strategi Pengembangan Pemasaran Online Produk Olahan Lidah Buaya pada Kelompok Tani Pelangi 43 di Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Other thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pemasran online produk olahan lidah buaya yang mengalami penurunan penjualan secara offline selama masa pandemi. Kajian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2022 sampai Juni 2022 yang berlokasi di Kelurahan Giwangan Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, kuesioner serta analisis data menggunakan analisis deskriptif SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity and Treath). Penentuan responden dilakukan dengan purposive sampling. Analisis strategi pengembangan pemasaran online produk olahan lidah buaya diperoleh faktor-faktor internal dan eksternal yang kemudian dibobotkan menggunakan metode paired comparison scale. Hasil analisis matriks IE, berada pada kuadran I, yaitu Strategi Pertumbuhan dan hasil matrik SWOT didapatkan sepuluh alternatif strategi. Strategi yang diprioritaskan, yaitu dengan meningkatkan kegiatan pemasaran secara online melalui media WhatApps dan dengan memenfaatkan antusias masyarakat dan dukungan dari pemerintah, diharapkan produk olahan lidah buaya milik Kelompok Tani pelangi 43 dapat dijangkau oleh semua kalangan, sehingga dapat memperluas jangkauan pemasran. Hal inilah yang menjadi prioritas penting dalam strategi pengembangan pemasaran online produk olahan lidah buaya pada Kelompok Tani Pelangi 43 di Kelurahan Giwangi. Kegiatan penyuluhan tentang Pemasaran Online Lidah Buaya melalui Media Whatapps Business Guna Meningkatkan Jangkauan pemasran dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi dan demontrasi cara meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan sebesar 13,98%. Kata Kunci: Analisis SWOT; Strategi pengembangan pemasaran Online Produk Olahan Lidah Buaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:17
Last Modified: 20 Oct 2022 02:17
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item