Mustofa, Imam Mujahidin (2025) Pengaruh Fitur Promosi Shopee Terhadap Penjualan Produk Nata De Aloe Vera di PT Mount Vera Sejati. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.
![]() |
Text
LAPORAN TA IMAM MUJAHIDIHN MUSTOFA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Shopee menjadi platform strategis bagi UMKM seperti PT Mount Vera Sejati dalam memasarkan produk Nata De Aloe Vera secara daring. Namun, tingginya persaingan akibat banyak produk sejenis menjadi tantangan tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fitur promosi Shopee pada produk Nata De Aloe Vera di akun Shopee PT Mount Vera Sejati dan mengetahui pengaruh fitur promosi Shopee terhadap penjualan produk Nata De Aloe Vera. Fitur yang dianalisis meliputi Gratis Ongkir, Voucher, Diskon, Flashsale, Iklan Produk Pencarian, dan Iklan Produk Serupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda, berdasarkan data penjualan dari bulan Desember 2024 hingga Maret 2025 serta hasil observasi dan wawancara dengan pemilik usaha. Fitur Gratis Ongkir, Diskon, dan Voucher terbukti memberikan pengaruh positif terhadap penjualan produk Nata De Aloe Vera. Selama 58 hari, ketiga fitur tersebut secara bersamaan mendorong penjualan sebanyak 72 produk, dengan kontribusi fitur Gratis Ongkir 70 penjualan, Diskon 38 penjualan, dan Voucher 72 penjualan. Hasil uji F menunjukkan seluruh fitur promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penjualan. Nilai Adjusted R-Square sebesar 0,509 menunjukkan 50,9% variasi penjualan dapat dijelaskan oleh keenam variabel tersebut, sedangkan sisanya sebesar 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Namun, berdasarkan hasil uji t, hanya fitur Gratis Ongkir, Voucher, dan Diskon yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap penjualan. Sementara itu, fitur Flashsale, Iklan Produk Pencarian, dan Iklan Produk Serupa tidak berpengaruh signifikan secara individu Dengan demikian, pemanfaatan fitur promosi Gratis Ongkir, Voucher, dan Diskon perlu dioptimalkan guna mendorong penjualan produk PT Mount Vera Sejati di Shopee. Kata kunci : Promosi Shopee, penjualan, Nata De Aloe Vera, UMKM, regresi linier berganda
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Jurusan Pertanian > Prodi Agribisnis Hortikultura |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 07:58 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 07:58 |
URI: | http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/1152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |