Strategi Usaha Distribusi Produk Herbal Pada PTX Di Kabupaten Bantul

Utami, Ayuni Nanda (2025) Strategi Usaha Distribusi Produk Herbal Pada PTX Di Kabupaten Bantul. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

[img] Text
LAPORAN TA AYUNI NANDA UTAMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Industri herbal di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan seiring meningkatnya tren gaya hidup sehat dan kebutuhan masyarakat terhadap produk alami. PT X merupakan perusahaan distribusi produk herbal yang baru berdiri dan belum memiliki strategi usaha yang terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi usaha distribusi produk herbal pada PT X. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif yaitu melalui analisis SWOT dan BMC, serta dengan pendekatan kuantitatif melalui AHP. Hasil pemetaan BMC baru menunjukkan bahwa PT X dapat memperluas segmentasi pelanggan melalui pemanfaatan platform digital dan kolaborasi dengan reseller, meningkatkan proposisi nilai dengan jaminan legalitas dan kualitas produk yang konsisten, serta memperkuat hubungan pelanggan melalui layanan digital yang responsif. Selain itu, aliran pendapatan menjadi lebih variatif dengan sistem penjualan daring, sumber daya utama ditambah dengan SDM digital marketing, dan mitra usaha diperluas melibatkan lebih banyak produsen herbal. Sedangkan strategi prioritas yang diperoleh dari metode AHP adalah meningkatkan saluran distribusi digital, memperkuat relasi dengan reseller, serta melakukan diversifikasi mitra produsen. Implementasi strategi ini diharapkan dapat memperkuat daya saing PT X dalam menghadapi dinamika pasar. Kata kunci: AHP, BMC, Distribusi, Produk Herbal, SWOT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Agribisnis Hortikultura
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:38
Last Modified: 15 Sep 2025 08:38
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item