Inovasi Produk Cokelat Bar Wedang Uwuh Berdasarkan Preferensi Gen Z di CV Dewi Makmur

Amanda, Annisya Rekha (2025) Inovasi Produk Cokelat Bar Wedang Uwuh Berdasarkan Preferensi Gen Z di CV Dewi Makmur. Diploma thesis, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

[img] Text
LAPORAN TA ANNISA REKHA AMANDA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan formulasi pada inovasi produk cokelat bar wedang uwuh, formulasi terpilih yang paling disukai oleh konsumen, dan mengetahui analisis kelayakan usaha baik dari aspek finansial dan non-finansial inovasi produk cokelat bar wedang uwuh. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian yaitu mixed methods antara kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dari bulan Oktober 2024 sampai Mei 2025. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan diskusi, wawancara, observasi, kuesioner, dan studi literatur. Populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat di daerah Yogyakarta baik laki-laki atau perempuan dengan kriteria usia 13-30 tahun sejumlah 99 responden dengan teknik insidental sampling. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel 2019. Hasil penelitian berdasar focus group discussion dengan CV Dewi Makmur menunjukkan formulasi terpilih yaitu berbahan dasar cokelat hitam karena lebih unggul baik dari atribut visual, khasiat, dan nilai komersilnya daripada cokelat putih. Selanjutnya secara keseluruhan hasil uji organoleptik pada atribut produk cokelat bar wedang uwuh (rasa, warna, aroma, tekstur, dan after taste) diperoleh formulasi yang paling disukai oleh konsumen ialah F2 dengan nilai 400 yang masuk kategori suka. Dengan demikian produk cokelat bar wedang uwuh berpeluang untuk diterima oleh masyarakat Pada analisis perhitungan kelayakan usaha cokelar bar wedang uwuh pertahun, diperoleh perhitungan BEP produksi yang mencapai titik impas 11.565 pcs , BEP harga Rp5.039 serta R/C Ratio 1,9. Dari enam aspek yang diangkat untuk kelayakan nonfinansial usaha, didapat bahwa aspek pasar, lingkungan dan teknis mendapat nilai sangat layak. Sementara untuk aspek hukum, manajemen, serta sosial, ekonomi, dan budaya masuk ke dalam kategori layak untuk dipasarkan. Kata Kunci: Inovasi Produk, Cokelat Batang Wedang Uwuh, Analisis Kelayakan Usaha, Preferensi, Gen Z.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Jurusan Pertanian > Prodi Agribisnis Hortikultura
Depositing User: Unnamed user with email admin@pertanianpolbangtanyoma.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2025 01:43
Last Modified: 16 Sep 2025 01:43
URI: http://repository.pertanianpolbangtanyoma.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item